Rabu, 30 November 2011

4.5 Akses E-mail dengan POP

Mengakses Account Menggunakan Program IMAP atau POP E-Mail

Jika account e-mail mendukung POP3 dan IMAP4, Anda dapat memilih dari beberapa program e-mail POP3 dan IMAP4 lainnya untuk menyambung ke account Anda. Fitur yang didukung setiap program e-mail dapat beragam. Untuk informasi tentang fitur yang ditawarkan oleh program e-mail POP3 dan IMAP4 tertentu, lihat dokumentasi yang diberikan bersama setiap program.
Cc875899.note(id-ID,EXCHSRVCS.140).gifCatatan:
Jika Anda tidak mengetahui apakah account e-mail mendukung POP3 dan IMAP4, hubungi pengelola kotak pesan (biasanya disebut administrator e-mail).

Petunjuk untuk Program POP3 dan IMAP4

Jika program yang Anda gunakan tidak tercantum di atas, gunakan informasi berikut untuk mengkonfigurasi program agar dapat memperoleh e-mail:
  • Nama pengguna   Masukkan nama pengguna (misalnya, tony@contoso.com).
  • Sandi   Masukkan sandi.
  • Otentikasi   Gunakan nama pengguna dan sandi yang sama untuk melakukan otentikasi dengan server e-mail masuk atau keluar (pengiriman). Jangan gunakan "Otentikasi Sandi Aman".
  • Nama server, nomor port, dan metode enkripsi   Sebelum mengkonfigurasi program e-mail POP3 atau IMAP4, Anda harus mencari pengaturan server POP3, IMAP4, dan SMTP sendiri.
    Lihat video ini untuk mempelajari cara mencari pengaturan server untuk program e-mail POP atau IMAP.

    Dapatkan Microsoft Silverlight!

    Untuk mencari pengaturan server, masuk ke account e-mail menggunakan Outlook Web App. Setelah masuk, klik Pilihan > Lihat Semua Pilihan > Account > Account Saya > Pengaturan untuk akses POP, IMAP, dan SMTP. Nama server POP3, IMAP4, dan SMTP serta pengaturan lainnya yang harus dimasukkan tercantum pada halaman Pengaturan Protokol dalam Pengaturan POP atau Pengaturan IMAP, dan Pengaturan SMTP.
    Cc875899.note(id-ID,EXCHSRVCS.140).gifCatatan:
    Jika Tidak tersedia terlihat di sebelah Pengaturan POP, Pengaturan IMAP, dan Pengaturan SMTP, account Anda mungkin tidak dikonfigurasi untuk menggunakan program e-mail POP atau IMAP. Untuk selengkapnya, hubungi pengelola account e-mail.
Apa lagi yang perlu diketahui?
  • SSL (Secure Sockets Layer) dan TLS (Transport Layer Security) adalah metode untuk membantu mengamankan komunikasi antara komputer dan server e-mail. Beberapa program e-mail menyebut SSL atau TLS sebagai "enkripsi". Di sebagian besar program e-mail, Anda harus membuka pengaturan atau tab "Advanced" untuk mengatur SSL pada sambungan POP dan IMAP serta TLS pada sambungan SMTP.
  • Program e-mail mungkin akan secara otomatis mencoba menggunakan port 110 jika Anda menggunakan POP atau port 143 jika menggunakan IMAP. Jika program e-mail menampilkan port 110 atau 143, pastikan untuk memilih enkripsi SSL. Selanjutnya, masukkan nomor port 995 untuk mengganti nomor port default (110) jika Anda menggunakan POP atau nomor port 993 untuk mengganti nomor port default (143) jika menggunakan IMAP.
  • Program e-mail mungkin akan secara otomatis mencoba menggunakan port server 25 untuk SMTP. Jika program e-mail menampilkan port 25 untuk SMTP, pastikan untuk memilih enkripsi TLS. Selanjutnya, masukkan 587 untuk mengganti nomor port default yang diatur ke 25.
  • Jika account e-mail adalah jenis yang harus terdaftar, Anda harus mendaftarkannya saat pertama kali masuk ke Outlook Web App. Menyambung ke account e-mail melalui POP3 atau IMAP4 akan gagal jika Anda belum mendaftarkan account melalui Outlook Web App. Setelah masuk, keluar dari account. Selanjutnya, coba sambungkan menggunakan program POP3 atau IMAP4. Untuk selengkapnya tentang cara masuk ke account menggunakan Outlook Web App, lihat Cara Menyambung ke Account Menggunakan Browser Web. Jika Anda mengalami masalah saat masuk, lihat Tanya Jawab: Masalah Informasi Masuk dan Sandi atau hubungi pengelola account e-mail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar