Rabu, 30 November 2011

4.3 Mengirim dan Membaca e-mail


Mengirim dan Membaca e-mail
Ketika sedang berada di luar kantor ataupun ketika libur di rumah atau ketika sedang diperjalanan tentu tidak dapat membaca ataupun mengirim email. Seperti contohnya ketika libur panjang lebaran kemarin, mungkin ada beberapa teman/kolega yang mengirimkan email ucapan selamat Idul Fitri atau mungkin kita justru yang butuh untuk mengirimkan email ucapan lebaran kepada kolega atau teman atau mungkin ada email sangat urgent yang harus segera dibalas karena diminta oleh boss atau customer. Tentu sangat merepotkan jika membaca, mengirim dan membalas email dengan online melalui PC atau laptop.
Berikut ini cara bagaimana agar dapat membaca email pada PDA atau HP. Semua tips ini dapat dijalankan pada PDA saya (O2 Atom Life dengan OS WindowsMobile 6). Untuk HP, mungkin hanya pada HP tertentu yang mungkin dapat menjalankan aplikasi ini karena setiap browser pada HP memiliki perbedaan dan juga belum tentu firmware (OS ataupun J2ME MIDP2) HP tersebut sudah mendukung aplikasi email baik aplikasi Java MIDP2 ataupun browser pada HP. Pada pembahasan aplikasi HP tidak akan saya bahas banyak, karena saya tidak memiliki HP pendukung yang dapat mewakili kebanyakan HP.
Perhatian sebelum melanjutkan ke halaman berikutnya, karena akan banyak gambar-gambar skrinsyut, boleh untuk tidak melanjutkan jika anda memiliki keterbatasan bandwidth.

Membaca email Outlook, Gmail dan Gmail Hosted pada PDA

  1. Membaca email Outlook dengan aplikasi bawaan PDA. Aplikasi ini mendukung Email Outlook dan POP3/SMTP. Kalau saya tidak menggunakan Outlook pada PDA, Outlook pada PDA akan tersinkronisasi dengan Outlook pada PC ketika mengaktifkan Microsoft Activesync. Jadi saya hanya menggunakan aplikasi POP3/SMTP. Berikut ini skrinsut email Outlook pada PDA.
    InboxOutlookMobile
    Tampilan Outlook Mobile yang telah disinkronkan dengan PC.
  2. Membaca, membalas dan mengirim email POP3/SMTP dari Gmail atau Gmail Hosted dengan aplikasi bawaan POP3/SMTP aplikasi dari PDA. Anda tinggal mensetting seperti setting yang biasa anda lakukan pada PC.
    Gmail in PDA
    Tampilan Gmail Hosted yang telah didownload dengan POP3/SMTP.

    Gmail in PDA
    Tampilan Gmail yang telah didownload dengan POP3/SMTP.

    Tentu anda dapat melakukan konfigurasi auto-download per-beberapa jam dan juga dapat melakukan pembatasan ukuran email yang di download, bisa beberapa puluh KiloByte, hanya Header Only ataupun All Message dan jangan sampai lupa untuk mengaktifkan fitur POP3/SMTP pada email server anda.
Kedua hal tersebut diatas hanya pada PDA saja (atau mungkin terdapat juga pada HP smartphone), saya tidak tahu apakah pada HP yang sudah canggih sekarang ini sudah dapat mendukung aplikasi seperti tersebut. Mungkin smartphone sudah bisa. Jika memang bisa, caranya hampir sama.

Yahoo!Mobile dan Yahoo!Go

Yahoo!Mobile dan Yahoo!Go. Yahoo!Mobile adalah layanan email Yahoo! berbasis web sedangkan Yahoo!Go adalah layanan Yahoo! berbasis aplikasi yang di download dan di instal pada PDA atau HP dari penyedia layanan email Yahoo!. Kita akan membahasnya satu persatu.
  1. Yahoo!Mobile. Layanan ini sangat mudah, anda tinggal mengunjungi alamat ini dari PDA atau HP anda. Alamatnya adalah http://m.yahoo.com. Disana anda akan disediakan menu Yahoo!Mobile, salah satunya adalah membuka email. Anda dapat langsung ke alamat http://id.m.yahoo.com/p/mail/
    Yahoo Login
    Halaman Login.

    Yahoo Mobile
    Halaman Yahoo!Mobile http://m.yahoo.com.

    Yahoo Login
    Halaman email di Yahoo!Mobile http://id.m.yahoo.com/p/mail/.
  2. Yahoo!Go. Untuk mendapatkan aplikasi ini dapat anda lakukan dengan 2 cara. Pertama dengan membuka halaman ini pada browser PDA atau HP anda. Halamannya adalah http://m.yahoo.com kemudian klik Upgrade to Yahoo!Go –> Get Yahoo!Go Now. Yahoo! kemudian akan mengirimkannya aplikasi Yahoo!Go ke PDA atau HP anda. Selain melalui browsing, anda juga dapat dikirimkan sms link untuk mengunduh aplikasi PPC Yahoo!Go tersebut, cukup mengisi nomor HP anda pada halaman berikut: http://mobile.yahoo.com/ (Link tersebut bisa dibuka pada PC). Perlu diperhatikan aplikasi PPC Yahoo!Go ini kurang lebih sebesar 780 KB (mungkin akan lebih besar pada waktu mendatang). Tentu ukuran ini cukup besar untuk diunduh oleh PDA atau HP. Setelah di download lakukan instalasi dan ikuti petunjuk instalasinya. Sampai saat ini saya belum menemukan link untuk mengunduh langsung dari PC tanpa harus mengunduh dari PDA atau HP. Berikut ini halaman untuk mendownload Yahoo!Go:

    Yahoo!Go Download
    Yahoo!Go Download.
    Beberapa Skrinsyut Yahoo!Go setelah di instal:

    Yahoo!Go Frontpage
    Halaman depan Yahoo!Go

    Inbox email Yahoo!Go
    Inbox email Yahoo!Go

    Yahoo!Go juga mendukung RSS Reader
    Yahoo!Go juga mendukung RSS Reader (selain banyak fitur lainnya).

    Tampilan RSS reader Yahoo!Go
    Tampilan RSS reader Yahoo!Go

Gmail Apps for mobile

Gmail Apps. Ada dua jenis layanan, yaitu Gmail berbasis Java yang dapat kita download agar lebih cepat mengakses email anda dan Gmail berbasis web tanpa harus mendownload aplikasi tertentu. Kita akan membahasnya satu persatu.
  1. Gmail for mobile application adalah layanan Gmail berbasis aplikasi J2ME (Java) MIDP2. Pastikan PDA atau HP anda mampu melaksanakan aplikasi Java MIDP2. Anda tinggal masuk ke halaman berikut dan silahkan di unduh melalui PDA atau HP anda http://gmail.com/app. Akan ada 2 buah pilihan disana, pilih download untuk menginstal pada PDA atau HP anda.
    Tampilan Gmail dengan Java
    Tampilan Gmail dengan Java
  2. Gmail for mobile browser adalah layanan Gmail berbasis aplikasi web. Anda tinggal masuk ke halaman berikut melalui PDA atau HP anda http://gmail.com/app. Akan ada 2 buah pilihan disana, pilih webbased untuk membuka gmail berbasis web.
    Tampilan Login Gmail dengan Webbased
    Tampilan Login Gmail dengan Webbased

    Tampilan Login Gmail dengan Webbased
    Tampilan Inbox Gmail dengan Webbased
Untuk Gmail Apps, silahkan cek disini untuk lebih jelasnya.

Gmail Hosted Webbased pada PDA atau HP

Satu lagi layanan Gmail Hosted dengan aplikasi webbased. Anda yang memiliki layanan Gmail Hosted dapat langsung membuka email anda dengan alamat berikut: http://mail.google.com/a/domain.anda/.

Tampilan Login Gmail Hosted dengan Webbased
Tampilan Login Gmail Hosted dengan Webbased

Tampilan Inbox Gmail Hosted dengan Webbased
Tampilan Inbox Gmail Hosted dengan Webbased
Note:
Ketika menggunakan aplikasi ini saya menggunakan KartuHALO dari Telkomsel, mungkin tidak semua link-link tersebut dapat bekerja pada operator lain. Saya belum mencobanya dengan operator lain.
Mungkin teman-teman sudah tahu dan sudah mengerti tentang apa yang saya tuliskan disini. Tulisan ini adalah untuk catatan saya supaya tidak lupa dengan link-link tersebut suatu saat nanti. Bukankah ada pepatah yang mengatakan “Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya”. :cool:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar